Not-vegan-friendly Pizza (Without Oven)

Assalamu’alaikum wr.wb.,

Jadi, sudah beberapa hari ini, halaman Facebook saya dihiasi oleh resep pizza (yang datangnya dari murabbiah saya sewaktu di Aceh dulu). Saya kagum melihat pizza buatan beliau yang bener-bener mirip dengan buatan salah satu restoran cepat saji yang terkenal soal pipizzaan (apa coba ini bahasanya, wkwk).

Mungkin saya ketularan semangat beliau yang kayanya bahagia banget dengan pizza buatannya, maka saya pun jadi kepingin membuat pizza juga. Saya pun sudah men-set-up apa-apa saja yang dibutuhkan. Resep, peralatan, dan lain sebagainya.

Ah iya, awalnya, karena saya sedang strict banget terhadap diri saya sendiri (saya bertekad kepada diri saya, saya nggak boleh jajan. Saya harus makan proper food), saya berencana membuat pizza yang vegan friendly dan glutten free. Tapi, berhubung bahan penggantinya susah didapatkan, dan saya takut zonk, maka saya mencoba resep pizza yang lumrahnya saja dulu.

Saya melakukan dua kali percobaan. Percobaan pertama: tidak gagal, namun tidak juga begitu sakses. Pizza-nya masih agak bantet, itu saja masalahnya. Tapi, Alhamdulillaah, percobaan kedua sepertinya lebih baik. Karena saya melihat kedua orang teman yang saya jadikan korban untuk mencicipi pizza buatan saya, nampak lebih lahap dari sebelumnya (pada pizza hasil percobaan pertama). Hehe.

Continue reading “Not-vegan-friendly Pizza (Without Oven)”

Advertisements

Brownies for Vegan

Setelah postingan sebelumnya agak-agak mellow, menye-menye, dan mostly isinya curhatan yang random banget, maka kali ini saya akan posting sesuatu.

Brownies for Vegan.

Saya mau berbagi pengalaman saya dalam membuat brownies yang cocok buat dimakan oleh siapa saja–yang vegan saja bisa makan, apalagi yang nggak vegan. 

Tapi, tunggu. Apa sih vegan itu?

Vegan, sejauh yang saya tahu, adalah orang yang ogah mengkonsumsi produk hewani dalam bentuk apapun. Mereka nggak makan daging, nggak makan ikan, bahkan… mereka nggak mau pakai jaket dari kulit hewan. Sampai segitunya, ya? Iya, memang sampai segitunya.

Menarik ya kayanya membahas soal vegan dan gaya hidupnya? Saya pribadi sih tertarik banget, in syaa Allah saya akan bikin postingan terpisah untuk membahas soal itu.

Tapi sekarang, saya cuma mau berbagi cerita atau pengalaman saya dalam membuat brownies yang bisa dikonsumsi juga oleh para vegans. Kenapa? Karena brownies ini dibuat tanpa menggunakan bahan-bahan yang berasal dari hewan, seperti: telur, susu, dan lain sebagainya. Dan.. ah iya, resepnya terinspirasi dari resep Chef Farah Quinn yang saya ulik sedikit supaya gluten free (apalagi ini? Hahaha. Mau makan aja kok repot ya? Iya saya mah gitu orangnya, mau makan tapi poin sehatnya harus tetep dapet :p). Continue reading “Brownies for Vegan”